Viral Video Ibu Berwajah Penuh Abu Gendong Anak Pakai Motor Saat Erupsi Gunung Semeru

Media sosial dihebohkan dengan video seorang ibu dengan wajah penuh abu sedang menggendong. Momen itu terjadi sesaat setelah Gunung Semeru erupsi pada Sabtu (4/12/2021) sore.

Video tersebut diunggah oleh akun Instagram @Jejak Pendaki Indonesia. Ibu itu tampak berusaha menyelamatkan diri saat Gunung Semeru memuntahkan isi perutnya.

Sebagai informasi, Gunung Semeru yang terletak di dua kabupaten yakni kabupaten Malang dan Lumajang meletus pada 4 Desember 2021 sekitar pukul 15.00 WIB. Gunung itu mengeluarkan lava pijar, suara gemuruh serta asap pekat berwarna abu-abu.

“Potret salah satu korban terdampak dari erupsi Gunung Semeru,” tulis akun tersebut seperti dikutip Beritahits.id, Minggu (5/12/2021).

Dalam video yang diunggah itu terlihat seorang perempuan dengan wajah tertutup lumpur. Wajah perempuan tersebut sampai terlihat hitam yag mengendarai sepeda motor.

Perempuan tersebut menggendong anak yang ia masukkan ke jas hujan sehingga terlindungi dari abu vulkanik.

Aksi perempuan tersebut tentu mendapatkan berbagai respons dari warganet.

“Bukti nyata pengorbanan seorang ibu demi menyelamatkan anaknys dari bencana dan marabahaya yang sedang melanda kawasa semeru, mudah-mudahan semua baik-baik saja,” tulis warganet.

“Kasihan semiga warga sekitar mendapat perlinduangan,” komentar warganet.

“Ya Allah itu lagi gendong anaknya ya,” tambah warganet lain.

“Semoga abunya segera reda dan warga sekitar diberikan keselamatn,” timpal lainnya.

Video yang telah ditontn lebih dar 177 ribu kali itu juga telah disukai lebih dari 176,417 like.

Bahaya Abu Vulkanik

Berbeda dengan abu yang dihasilkan dari pembakaran kayu dan bahan organik lainnya, abu vulkanik bisa berbahaya bagi keselamatan makhluk hidup.

Partikelnya sangat keras dan biasanya memiliki tepi bergerigi. Akibatnya, dapat menyebabkan iritasi mata, hidung, paru-paru, serta masalah pernapasan.

Ketika masih mengambang di udara, abu dapat menyebabkan masalah pada mesin jet juga menghambat aktivitas penerbangan.

Bahkan hujan abu yang menyisakan lapisan abu tebal dapat menyebabkan atap runtuh, menyumbat selokan, dan merusak alat pendingin udara.

Hewan di area pegunungan berapi yang tertutup abu vulkanik juga kemungkinan mengalami kesulitan mencari makan, karena tanaman di daerah tersebut tertutup abu.

Selain itu, abu vulkanik juga juga dapat mencemari persediaan air. Demikian informasi tentang bahaya abu vulkanik bagi kesehatan.

Tags: #abu #abu vulkanik #erupsi gunung semeru #viral