Cuma Kerja di Rumah, Pemuda Ini Hasilkan Uang Miliaran dari Bisnis Digital

145 views

Sehari-hari, Akbar Wicaksono bekerja dari rumah. Tapi soal penghasilan, bisa jadi yang dikantonginya jauh lebih besar ketimbang para profesional berjas rapi di kawasan SCBD, Jakarta.

“Mungkin banyak juga ya tetangga mikir, kerjanya di rumah terus, nggak ngapa-ngapain, penghasilannya dari mana?,” kata CEO & Founder W STORE, Akbar ditulis Kamis (2/12/2021).

Bisnis yang digelutinya meliputi berbagai kebutuhan digital. Mulai dari pembuatan website, optimasi social media, jasa search engine optimation hingga pembuatan aplikasi untuk IOS dan Android.

Akbar merintis bisnisnya dari bawah. Dulu, lulusan SMK 1 Barunawati, Jakarta ini hanya dibayar Rp 5.000 per jasa digital yang dilakukannya.

Penghasilannya saat itu dimaksimalkan untuk promosi di media sosial. Juga untuk mengembangkan relasi dan jejaringnya.

Ketika usahanya mulai berkembang, Akbar tiba-tiba tertimpa masalah.

Teman baik yang selama ini menjadi rekan kepercayaannya, justru mengecewakannya. Hasil usaha dengan nominal yang cukup besar dibawa kabur sang teman baik.

“Waktu itu ada sekitar seratus juta. Tapi biarlah, saya cukup tahu saja. Padahal dia teman dekat, dekat banget,” ungkap Akbar.

Hal itu tentu saja membuatnya terpukul. Namun, dia berhasil bangkit dan membentuk tim lebih besar yang dikelola secara profesional.

Uniknya, timnya kini merupakan teman-teman digital dari media sosial, yang belum pernah ditemuinya hingga saat ini.

“Sekarang saya punya tim hebat dan profesional. Saya belum pernah ketemu dengan tim saya. Ada yang di Jawa Timur, Sulawesi Selatan, Riau, Depok, Jakarta, saya sendiri di Tangerang. Tapi bisa video call juga,” tuturnya.

Timnya terdiri dari Ade Noerma sebagai Chief Operating Officer, Topan sebagai Tim Customer Service, Ramadani, Vigne & Aditama sebagai Tim Developer, Cornelius Alfredo & Viqhril sebagai Tim Support Developer dan Ramadani sebagai Tim Remote Server / Maintenance.

“Saya juga berterima kasih pada Fitria Istiqomah, sebagai teman baik yang berperan besar dalam hidup ataupun bisnis,” kata Akbar.

Di usia yang masih muda, pria gondrong ini sudah bisa melakukan banyak hal. Mulai dari membangun rumah hingga membeli berbagai aset lainnya. Maklum, omzet bisnisnya mencapai belasan miliar setiap tahunnya.

Akbar berharap bisnisnya terus berkembang dan bisa lebih banyak merekrut tenaga kerja.

“Hidup kita bukan sekadar apa yang kita dapat, tapi apa yang kita punya bisa kita gunakan untuk orang lain,” ungkap pemilik usaha dengan akun Instagram @wsdigitalsolution ini.

Tags: #Bekerja dirumah #Bisnis digital