Wisata Lokal di Pangandaran, Bisa ke Mana Saja?

5 views

Kabupaten Pangandaran adalah salah satu dari empat daerah di Jawa Barat yang menjadi destinasi wisata favorit wisatawan.

Pernyataan tersebut berdasarkan data Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat yang mencatat hampir 4 juta wisatawan berkunjung ke sana pada 2020, Jumat (2/4/2021).

Saat ini, terdapat larangan mudik lebaran 2021. Bagi yang berdomisili di Pangandaran yang tidak bisa berwisata ke tempat wisata di tujuan mudik, kamu tetap bisa melakukan wisata lokal di domisilimu.

Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut daftar tempat wisata di Pangandaran yang dapat dikunjungi dalam satu hari untuk berwisata lokal, Selasa (13/4/2021).

Meski tempat wisata sudah menerapkan protokol kesehatan, kamu tetap harus memakai masker, cuci tangan, menjaga jarak, dan tidak bepergian jika sakit.

Pilihan tempat wisata di Pangandaran :

Bukit Panenjoan, Kecamata Sidamulih

Bukit Panenjoan Pangandaran terletak di Dusun Panenjoan, Desa Kersaratu. Jaraknya hanya sekitar 15 kilometer (km) atau 30 menit dari Pantai Pangandaran.

Tempat wisata ini cocok untuk dikunjungi jika ingin menikmati pemandangan alam yang diselimuti kabut pada pagi hari.

Meski dulunya merupakan tempat yang menyeramkan, Bukit Panenjoan kini digandrungi wisatawan karena eloknya panorama yang ditawarkan.

Di Bukit Panenjoan, pemandangan yang terlihat adalah perbukitan hijau yang dipenuhi pepohonan hijau dan tanaman yang masih asri.

Jika sudah merasa lapar, kamu bisa menghampiri salah satu warung makan di sana. Harganya tidak mahal dan cukup terjangkau.

Harga tiket masuk Bukit Panenjoan adalah gratis. Kamu hanya perlu membayar biaya parkir saja. Tempat wisata ini buka setiap hari.

Pantai Pangandaran, Kecamatan Pangandaran

Tempat wisata andalan Kabupaten Pangandaran ini berlokasi di Desa Pangandaran dan Pananjung. Pasirnya yang halus membuat pengalaman berwisata ke sana terasa nyaman.

Pantai Pangandaran adalah pantai yang landai. Jarak antara pasang dan surutnya pun relatif lama, sehingga kegiatan berenang bisa dilakukan di sana.

Jika ingin menikmati kegiatan yang memacu adrenalin, kamu bisa coba wind surfing, scuba diving, atau snorkeling di pantai tersebut.

Selanjutnya, kegiatan lain yang tidak kalah seru adalah menyeberang ke Pasir Putih untuk melihat karang, atau membeli ikan segar dari para nelayan.

Harga tiket masuk Pantai Pangandaran adalah mulai dari Rp 6.000. Jam operasionalnya adalah setiap hari.

Batu Lumpang Garden, Kecamatan Parigi

Apabila ingin mencari suasana baru, kamu bisa berkunjung ke Batu Lumpang Garden atau Grand Cliff. Jarak dari Pantai Pangandaran hanya sekitar 26 km atau 43 menit saja.

Tempat wisata ini terletak di Dusun Dukuh 1, Desa Parakanmanggu. Setibanya di sana, pengunjung akan disuguhi pemandangan batuan kapur dan tebing yang menjulang indah.

Bernuansa sejuk dan jauh dari kebisingan, Batu Lumpang Garden cocok untuk dikunjungi wisatawan yang ingin melepas penat dan mencari kesegaran.

Tempat wisata ini dialiri Sungai Cijulang yang masih jernih. Untuk menikmati kesegarannya, wisatawan diberikan beragam pilihan aktivitas menarik, seperti kayak, kano, dan body rafting.

Untuk kayak, pengunjung akan diberi pilihan apakah ingin mengarungi sungai seorang diri atau berdua dalam satu perahu. Harga tiket untuk berkegiatan di sana dimulai dari Rp 120.000-an.

Pantai Madasari, Kecamatan Cimerak

Pantai Madasari terletak di Desa Masawah. Jarak dari Batu Lumpang Garden adalah sekitar 30 km atau 55 menit.

Di sana, gelombang ombaknya terbilang cukup besar, sehingga wisatawan tidak bisa berenang karena berbahaya.

Kendati demikian, kamu tetap bisa berwisata dengan menikmati indahnya pantai dari tepian atau dari puncak salah satu bukit karang.

Pantai Madasari terbilang cukup berbeda dengan pantai lain. Sebab, masing-masing bukit karang di sana memiliki nama yakni Batu Gedogan, Batu Sebrotan, Batu Leuit, Legok Gandu, Cariuk, dan Pandan Nyampai.

Jika sore tiba, kamu bisa menikmati indahnya matahari terbenam. Namun jika sedang berada di tepi pantai, ada baiknya kamu hati-hati karena terkadang akan ada bulu babi di sana.

Pantai Madasari juga tempat yang tepat untuk melihat matahari terbit. Kamu bisa mendirikan tenda di area rerumputan yang ada.

Harga tiket masuk Pantai Madasari adalah Rp 2.500 jika berjalan kaki, Rp 7.000 jika naik motor, Rp 25.000 jika naik mobil, Rp 110.000 jika naik bus kecil, dan Rp 160.000 jika naik bus besar.

Tags: #pariwisata #travel #wisata